Kunjungan Kerja DPR, Di Kec Kualin NTT,Sempat Menyaksikan Proses Pembuatan "Putak"

Dalam kunjungan kerja di Kecamatan Kualin, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ketua DPR Setya Novanto berkesempatan menyaksikan proses pengolahan makanan khas masyarakat setempat yang diberi nama Putak. Salah satu kuliner asli NTT ini dibuat dari bagian tengah pohon gewang (sejenis sagu) yang diolah menjadi tepung.

"Ini menggembirakan bisa melihat langsung proses pembuatan Putak yang biasa dikonsumsi masyarakat desa Kualin. Putak ini enak kok ya apalagi kalau diolah dengan variasi tertentu," kata Ketua DPR saat menyaksikan secara langsung proses pengolahan Putak di rumah salah seorang warga, Sabtu (11/7/15).

Menurut politisi Fraksi Partai Golkar ini, kalau ada yang mengatakan Putak adalah makanan ternak tidak masalah karena setelah diolah akan muncul cita rasa khas. Ia mengingatkan apabila dikonsumsi sebagai pengganti beras dan jagung, Putak perlu ditambahkan dengan gizi pelengkap lain.


Setnov begitu ia biasa dipanggil berkesempatan mengamati pengolahan Putak di rumah Agustinus Neonleni, mulai dari penjemuran sampai diolah menjadi makanan yang siap saji. Ia juga turun ke dapur membantu warga yang kebetulan sedang menggoreng Putak. "Saya sudah tidak sabar ingin mencoba, tapi saya masih puasa jadi nanti saja ya," ujarnya disambut tawa ceria warga setempat.


Bagi masyarakat setempat Putak sering dijadikan makanan pokok alternatif, apabila beras sulit ditemukan dan kebun jagung mereka gagal panen. Hanya saja masyarakat tidak melengkapinya dengan gizi tambahan lain seperti protein. Kondisi inilah yang mengakibatkan munculnya gizi buruk di tengah masyarakat NTT. (den/iky)[Source]
Share on Google Plus

.

0 comments:

Post a Comment

I N F O T A I M E N T

-

FILM JADUL