DPR Desak Tuntaskan Kompensasi Dari Tukar Guling Waduk JatiGede

Photo by jokowinomiccom
Pembangunan waduk di Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, telah tuntas. Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron, menegaskan, masih tersisa persoalan sosial yang menyangkut hajat hidup masyarakat setempat dan proses tukar guling yang berlarut-larut.


"Kalau ada hajat hidup masyarakat yang hilang, harus diberikan kompensasi yang memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, bagaimana pengembangannya kompensasi untuk jangka panjang juga itu yang pelu diawasi" kata Herman ketika memimpin rombongan Komisi IV DPR, meninjau pembangunan waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (9/12).

Fungsi waduk ini antara lain untuk irigasi 90 ribu ha, penyediaan air baku, pengendalian banjir dan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) 110 MW, yang kemudian difungsikan untuk irigasi yang akan mengaliri area pertanian seluas 80 ribu hingga 90 ribu ha di Indramayu dan Cirebon.v

Herman menegaskan mengenai proses tukar guling yang berlarut-larut merupakan tugas besar yang harus segera dituntaskan. Persoalan tukar guling ini memerlukan pendalaman dari tim teknis dan administrasidari semua pihak untuk duduk bersama.



“Meskipun dalam pembicaraan sudah ada alokasi kawasan yang dijadikan sebagai area tukar guling tapi teknis bagaimana cara administrasinya dan ke depan bagaimana kawasan Waduk ini menjadi kawasan kehutanan sehingga tidak perlu dilakukan proses tukar guling” tegas Herman.

Dia menjelaskan proses tukar guling sebaiknya hanya pada kawasan yang dibangun untuk fasilitas infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya.Tapi untuk hutan yang direndam itu adalah tetap menjadi kehutanan karena merupakan bagian dari siklus kehutanan, dimana hutan adalah sebagai bagian siklus ketersediaan air. (ray)[Source]
Share on Google Plus

.

0 comments:

Post a Comment

I N F O T A I M E N T

-

FILM JADUL