Sejarah Kepelatihan Arsene Wenger Bersama Arsenal Yang Luar Biasa


Arsene Wenger
Arsene Wenger, Pelatih Arsenal

Anda suka Arsenal? Atau anda malah seorang haters dari Arsenal? Sepertinya tidak ada yang tidak pernah mendengar tentang Arsenal, tim asal London yang berjuluk The Gunners ini adalah salah satu tim asli dari Inggris dan saat ini sementara menduduki posisi kedua liga Primer Inggris di bawah Leicester City dan berjarak 2 poin saja. Jikalau berbicara tentang Arsenal, maka kita juga akan berbicara mengenai pelatihnya yang fenomenal itu, yakni The Professor Arsene Wenger. Pelatih asal Prancis yang berumur 66 tahun itu kini sudah menangani Arsenal selama dua dekade alias dua puluh tahun, sejak dibeli dari Nagoya Grampus Eight pada tahun 1996.

Selama dua dekade kepemerintahannya sebagai pelatih dia telah memberikan 15 gelar bagi Arsenal, yakni 3 gelar liga Primer Inggris, 6 gelar piala FA, dan 6 gelar FA Community Shield. Jadi untuk kepelatihannya di Arsenal, dia bisa dibilang pelatih yang sangat sukses. Bukan hanya sekedar torehan gelar untuk klub, dia juga memperoleh segudang prestasi individu yang cukup mentereng. Bahkan dia pernah mendapat gelar bangsawa, yaitu Officer of the British Empire pada tahun 2003. Masalah kualitasnya sebagai seorang pemain sepakbola, tidak secemerlang penampilannya sebagai seorang pelatih. Pria yang memulai debut kepelatihannya di Nancy-Lorraine ini hanya mamou mencetakkan 4 gol dari 67 penampilannya di karir seniornya sebagai seorang pemain bola.
The Professor
Arsene Wenger dengan Piala FA

Torehan gelar yang dikoleksinya ketika dia menduduki kursi kepelatihan Arsenal membuktikan bahwa dia memang seorang pelatih berkualitas tinggi dan memiliki kemampuan di atas rata-rata. Dan untuk di liga Primer Inggris saat ini, dia merupakan pelatih tertua yang ada di Inggris, sebelumnya ada Sir Alex Ferguson akan tetapi beliau sudah pension saat menukangi Manchester United. Melihat kualitas dari Arsene Wenger membuat banyak orang takjub dengan kemampuannya. Dia mampu membuat Arsenal kembali ke-era kejayaannya, kembali membuat Arsenal ditakuti oleh rata-rata tim sepakbola di dunia, membuat Arsenal dengan gaya bermain yang modern dan bermain indah. Apalah arti sebuah kemenangan tanpa adanya permainan indah dan menarik di dalamnya, kira-kira begitulah filosofi yang digunakannya dalam melatih tim asal London Utara Arsenal. Itulah Wenger, sang Professor dengan segudang prestasi dan membuat Arsenal kepada performa terbaiknya.
Share on Google Plus

Yusri Triadi

0 comments:

Post a Comment

I N F O T A I M E N T

-

FILM JADUL