Marseille Menjadi Satu Satunya Tim Prancis Yang Pernah Menjuarai Liga Champions


Logo Tim Marseille

Turnamen Liga Champions Eropa memang turnamen yang sangat luar biasa, tidak heran bahwa semua tim-tim eropa dari berbagai belahan dunia ingin menjadi pesertanya. UEFA Champions League adalah turnamen yang ada dalam kendali UEFA selaku ketuanya yang mengatur semua hal yang ada di ajang Champions League. Bukan hanya itu, komisi yang didapat sebagai peserta liga Champions Eropa saja sudah lumayan, dan bonus akan terus diberikan jikalau tim bermain apalagi terus melanjutkan ke babak selanjutnya. Maka dari itu, tidak heran banyak tim-tim yang ingin juga meraih bonus yang banyak itu sebagai tambahan untuk pendapatan tim mereka.

Untuk tim tersukses liga Champions Eropa adalah Real Madrid dengan koleksi 10 gelarnya, di bawahnya ada AC Milan dengan 7 gelar. Bisa kita bayangkan keuntungan yang diraih tim-tim yang sudah memenangkan kompetisi ini. Kompetisi ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya sejak musim 1955/1956, kala itu pemenangnya ialah Real Madrid (Spanyol) setelah mengalahkan Stade de Reims (Prancis). Berbicara mengenai juaranya, maka ada satu fakta unik tentang UEFA Champions League ini, bahwa Marseille adalah satu-satunya tim yang pernah menjadi juara liga Champions Eropa. Meskipun tim asal Prancis sudah 6 kali masuk ke dalam partai final, akan tetapi hanya Marseille yang menjadi juaranya, yaitu pada musim 1992/1993 ketika itu mereka menaklukkan AC Milan dengan skor 1-0 di Stadion Olimpiade di Jerman.
Marseille Juara Liga Champions Musim 1992/1993
Marseille sebelum meraih gelar pada tahun 1993 sudah pernah masuk partai final juga yaitu pada musim 1990/1991, akan tetapi mereka ditalukkan oleh Red Star Belgrade lewat adu penalti 5-3 setelah bermain imbang 0-0 sampai seluruh babak habis. Tetapi akhirnya mereka berhasil menjadi kampiunnya 2 tahun setelah itu. Tim-tim asal Prancis lainnya yang pernah masuk partai final adalah AS Monaco, Stade de Reims, dan Saint-Etienne. Akan tetapi hanya Marseille yang mampu memenangkan kejuaraan terbesar di benua biru tersebut. Itu akan menjadi kenangan dan sejarah yang manis bagi Marseille dan tetap akan abadi di dalam sejarah Liga Champions Eropa.
Share on Google Plus

Yusri Triadi

0 comments:

Post a Comment

I N F O T A I M E N T

-

FILM JADUL