Informasi : Benteng Tolukko - Wisata Sejarah Kota Ternate, GLOBAL

Postingan Berkaitan


Informasi : Benteng Tolukko - Wisata Sejarah Kota Ternate, GLOBAL

Benteng Tolukko - Wisata Sejarah Kota Ternate

Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Benteng Tolukko dibangun oleh seorang panglima Portugis yang bernama Fransisco Serao, pada tahun 1540. Benteng ini dibangun Portugis sebagai pertahanannya dalam menguasai cengkeh dan juga menguasai dominasinya di antara bangsa Eropa yang lain. Benteng ini diambil alih oleh Belanda pada tahun 1610 dan direnovasi oleh Pieter Both. Pada tahun 1864, oleh Residen P. van der Crab, benteng Tolukko dikosongkan karena sebagian bangunannya telah rusak. Pemerintah Republik Indonesia memugar benteng ini pada tahun 1996-1997. 

Konstruksi

Dahulu benteng Tolukko dikenal dengan nama Benteng Hollandia. Benteng Tolukko dibangun di atas fondasi batuan beku. Benteng ini terbentuk dari tiga buah bastion, ruang bawah tanah, halaman dalam, lorong serta bangunan utama berbentuk segi empat. Konstruksi bangunannya terbuat dari campuran batu kali, batu karang, pecahan batu bata yang direkat oleh campuran kapur serta pasir.


Demikianlah Artikel Informasi : Benteng Tolukko - Wisata Sejarah Kota Ternate, GLOBAL

Sekianlah artikel Informasi : Benteng Tolukko - Wisata Sejarah Kota Ternate, GLOBAL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi : Benteng Tolukko - Wisata Sejarah Kota Ternate, GLOBAL dengan alamat link https://www.liputanglobal.com/2018/05/informasi-benteng-tolukko-wisata.html
Share on Google Plus

yde

0 comments:

Post a Comment