Informasi : Makanan Khas Ternate - Tempat Wisata Kuliner yang Terkenal, GLOBAL

Maluku Utara memiliki berbagai makanan khas daerah antara lain popeda (sagu), gohu ikan, sayur lilin, sambal kenari, es kacang brenebon, pisang lumpur, fofoki (terong yang dimasak dengan santan), ketam kenari (kepiting kelapa), pisang mulut bebek, halua kenari, bagea serta hasil olahan ikan seperti ikan fufu (Ikan Asap), gohu ikan, ikan garu rica, dan lain-lain.

Selain mengunjungi objek wisata alam maupun sejarah yang ada di kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, rasanya kurang lengkap jika belum menikmati makanan khas daerah. Maluku Utara memiliki berbagai makanan khas daerah antara lain popeda (sagu), sayur lilin, sambal kenari, es kacang brenebon, pisang lumpur, fofoki (terong yang dimasak dengan santan), ketam kenari (kepiting kelapa), pisang mulut bebek, halua kenari, bagea serta hasil olahan ikan seperti ikan fufu (Ikan Asap), gohu ikan, ikan garu rica, dan lain-lain.

Berikut adalah wisata kuliner yang cukup terkenal di Ternate:

1. Restoran Floridas
    Lokasi: Jl. Pertamina, Kel. Ngade Ternate, Ternate, Indonesia.
    Jam Buka: 09:00 - 23:00

Makanan Khas Ternate - Tempat Wisata Kuliner Favorit

Restoran Floridas berada di tebing yang langsung berbatasan dengan laut yang terkenal dengan pemandangannya yang indah dan pulau Maitara yang tercetak pada lembaran uang Indonesia Rp. 1.000,-. Selain itu, Pulau Tidore dan Pulau Halmahera juga menjadi latar belakangnya. Anda dapat menikmati pemandangan ini dari balkon restoran. Bagi Anda yang suka dengan pemandangan alam, dianjurkan untuk datang antara pagi sampai sore hari. Pemandangan paling indah bisa dinikmati pada pagi menjelang siang, karena laut pada saat itu memperlihatkan variasi warna hijau tua sampai biru.



Makanan di Restoran Floridas tergolong standar. Salah satu makanan favorit disini adalah hidangan kepiting kenari dan ikan bakar.



2. Rumah Makan Popeda Gamalama

    Lokasi: Pasar Bahari Berkesan Ternate



Makanan Khas Ternate - Tempat Wisata Kuliner Favorit



RM Popeda Gamalama menyajikan makanan khas Ternate. Di tempat ini tersedia "Gohu Ikan" yakni sajian ikan tuna mentah dengan kucuran saus yang khas. Penyebutan makanan ini harus lengkap, sebab jika hanya disebut �gohu�, artinya adalah rujak asinan pepaya muda yang juga sama terkenalnya di Ternate. Karena kemiripannya dengan panganan khas Jepang, sashimi, sehingga tak jarang orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

RM Popeda Gamalama selalu menjadi sasaran wisatawan yang berkunjung ke Kota Ternate. Makanan yang sering dipesan adalah "Gohu Ikan" yang terkenal dengan kelezatannya, Sayur Lilin, Popeda yang ditemani kuah soru dan ikan asar dimana rasanya asam pedas dengan aroma ikan asar yang sangat kuat. Selain itu juga terlihat Kasbi (singkong rebus), pisang rebus, ubi rebus, ikan bakar, ikan goreng, fofoki kuah santan, dan sayur garo (tumis kangkung dengan bunga papaya). 

3. Rumah Makan Jailolo
     Lokasi: Jl. Pahlawan Revolusi 7, Ternate.

    Jam Buka: 07:00 - 21:00

Makanan Khas Ternate - Tempat Wisata Kuliner Favorit

Di rumah makan ini tersedia sayur garo bunga pepaya dengan campuran daun singkong. Selain itu ada kasbi (singkong) kering yang diiris tipis dimasak kering dengan bumbu, rasanya gurih dan pedas. Tersedia beragam makanan seperti ikan dan gorengan.

4. Rumah Makan Al Hikmah
    Jl. AIS Nasution, Ternate

    Jam Buka: 06:00 - 15:00

Makanan Khas Ternate - Tempat Wisata Kuliner Favorit

Rumah makan ini hanya menjual dua menu. Nasi kuning dan lontong sayur. Nasi kuning disajikan dengan kering kasbi (singkong), serundeng (abon ikan), mie goreng, dan irisan acar timun. Sedangkan ketupat sayur yang berkuah kental dan gurih disajikan dengan serutan singkong kering dan serundeng.

Ada juga pilihan lauk sebagai tambahan, yaitu ayam panggang kecap, telur rebus, dan yang paling khas adalah ikan (tongkol) yang diasap. Konon, ikan berbumbu ini dimasak cukup lama di atas tungku kayu bakar, hingga agak kering dan bentuknya menjadi cokelat kehitaman mirip kayu. 



5. Rumah Makan Baghdad
    Jl. Komplek Pohon Pala, Ternate
    Jam buka: 08.00 - 22.00

Makanan Khas Ternate - Tempat Wisata Kuliner Favorit

RM Islam Manado Baghdad lebih dikenal dengan Warung Baghdad. Warung kecil ini menyajikan masakan khas Manado dan selalu ramai dikunjungi.

Menu yang disajikan cukup beragam, seperti: ikan woku belanga berwarna merah berbahan dasar ikan kakap, dengan cita rasa gurih dan pedas disajikan dengan irisan tomat dan daun balakama. Sementara itu, ada juga ikan kuah santan dengan cita rasa daun balakama yang lebih tajam. Cumi woku tinta berpenampilan hitam pekat karena cumi dimasak dengan tintanya, bumbu-bumbunya menyatu dengan daging cumi, aroma serai dan daun jeruk yang sebenarnya digunakan untuk mengurangi amis daging cumi malah menambah selera makan. Selain itu juga tersedia Udang, Paniki, dan lain-lain. Menu tersebut ada yang berupa dibakar, goreng, rica, kuah asam, goreng tepung, paniki dan lain-lain. Anda juga bisa memesan Es Gula Aren.

6. Kawasan Tapak / Swearing
    Jl. Tapak, Ternate.

Makanan Khas Ternate - Tempat Wisata Kuliner Favorit


Kawasan ini juga dikenal dengan sebutan swering (sewiring yang biasanya disebut orang Ternate). Kawasan ini selalu ramai dikunjungi warga Ternate maupun pendatang. Kawasan ini hanya ramai saat malam hari. 


Deretan kursi plastik ditata berbaris di sepanjang pantai. Tak ada pedagang yang menjaja makanan terlihat, hanya ada kursi-kursi. Namun beberapa saat setelah duduk, seorang perempuan langsung menghampiri dan bertanya makanan atau mlnuman apa yang akan di pesan. 



Inilah keunikan kawasan Tapak. Posisi pedagang makanan dan minuman, berjejar rapi di seberang jalan. Sedangkan kursi-kursi tempat pengunjung, posisinya berada di bibir pantai sehingga mereka bisa bebas menikmati keteduhan Pantai Ternate di malam hari.



Tersedia makanan seperti mie goreng, mie rebus, nasi goreng, pisang goreng mulut bebek, gorakka (bisa juga menambah susu kental), dsb. Pisang mulut bebek, adalah jenis pisang khas daerah ini. Satu buah pisang yang tidak terlalu matang dibelah menjadi dua atau tiga bagian. Rasanya renyah dan tidak terlalu manis, dan mirip-mirip sukun goreng. Uniknya, pisang ini dihidangkan dengan pelengkap yang tak lazim. Ada sambal tore, sambal khas Ternate yang dicampur dengan ikan asin sebagai pelengkap cocolannya, lalu ada juga kacang goreng dan ikan teri.

7. Jatiland Mall Ternate


Jatiland Mall Ternate adalah satu-satunya Mall di Ternate saat ini. Tempat makan di mal ini juga ramai dikunjungi. Karena lokasi Mall ini sangat strategis, beberapa restoran yang pemandangannya langsung menghadap laut. Makanan khas daerah hanya bisa dapat ditemukan di foodcourt, di lantai paling atas di Mall ini.

Makanan Khas Ternate - Tempat Wisata Kuliner Favorit

Share on Google Plus

Medio

0 comments:

Post a Comment

Global Digital

-

FILM JADUL