Informasi : Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara, GLOBAL

Postingan Berkaitan


Informasi : Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara, GLOBAL

Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara


Kie Matubu yang dikenal oleh masyarakat Maluku Utara dengan nama gunung Tidore, karena terletak di pulau Tidore, Provinsi Maluku Utara. Puncak Kie Matubu menjadi titik tertinggi di Provinsi Maluku Utara dengan ketinggian 1730 meter di atas permukaan laut. Di puncak gunung ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Berbagai pulau dapat dilihat dari Puncak Gunung Kie Matubu, seperti: Pulau Maitara, Pulau Ternate, Pulau Hiri, Pulau Halmahera, Pulau Mare, Pulau Moti, Pulau Makian, dan sebagainya.

Saat malam hari kita bisa melihat gemerlap cahaya dari Kota Ternate di kaki gunung Gamalama. Jika Anda ingin mendaki ke tempat ini, sebaiknya dilakukan pada pertengahan bulan, yakni pada saat bulan penuh, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan sekitarnya dibantu dengan cahaya bulan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah pada saat matahari terbit dan terbenam. Anda bisa membangun tenda di puncak gunung ini.

Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara
Sumber: Blog Ilham Arch

Di sisi selatan dari puncak gunung ini menyajikan Pulau Mare, Pulau Moti, dan Pulau Makian yang berjejeran. Sedangkan di sisi barat, terlihat gugusan pulau Halmahera.

Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara
Sumber: Blog Ilham Arch
Gunung Tidore terakhir meletus pada tahun 1800-an dan saat ini sudah tidak aktif lagi. Kawahnya lebih kurang sedalam 100 m.  

Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara
Kawah Gunung Tidore Yang Sudah Tidak Aktif

Untuk menuju puncak Gunung Kie Matubu imulai dari perjalanan dari Pelabuhan Rum menuju Kota Soasio sekitar 45 menit dilanjutkan dengan menuju Desa Gurabunga berkisar 20 menit. Anda bisa menyewa kendaraan ataupun angkutan umum ke tempat ini. Di Desa Gurabunga, Anda harus meminta izin kepada "Sohi" atau Kepala Lurah Gurabunga terlebih dahulu. Tidak ada retribusi yang perlu dibayar menuju puncak tersebut, Kepala Lurah hanya akan memberikan arahan kepada para pendaki demi keamanan mereka. Pendakian menuju puncak Kie Matubu diperlukan waktu tempuh lebih kurang 4 jam.


Demikianlah Artikel Informasi : Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara, GLOBAL

Sekianlah artikel Informasi : Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara, GLOBAL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi : Mendaki Puncak Kie Matubu / Gunung Tidore - Wisata Alam Maluku Utara, GLOBAL dengan alamat link https://www.liputanglobal.com/2018/06/informasi-mendaki-puncak-kie-matubu.html
Share on Google Plus

yde

0 comments:

Post a Comment