Informasi : Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Tengah, GLOBAL

Postingan Berkaitan


Informasi : Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Tengah, GLOBAL

Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Barat

Desa Nusliko menawarkan eksotisme alam, keunikan budaya dan sejarah, tatanan masyarakat, kesenian tradisional, pembuatan kerajinan tangan maupun keramah tamahan penduduknya dan segala bentuk kehidupan yang masih asri, alami, tenang dan menyatu dengan keadaan alam. Desa Nusliko berada di sebelah selatan dari Kota Weda, Ibukota Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.



Telaga Nusliko
Masyarakat setempat biasanya menyebut "Telaga Nusliko" yang berada di Desa Nusliko. Uniknya telaga disini berupa air asin bukan air tawar karena telaga ini merupakan bagian dari teluk Weda. Namun, Telaga ini menjorok ke dalam begitu jauh dan dikelilingi dengan bukit-bukit sehingga membentuk seperti sebuah telaga. Di Telaga ini biasanya nelayan tradisional mencari ikan dengan cara memancing ataupun tombak. 

Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Barat
Sumber: Agus Nur Nochmad

Perahu Wisata
Untuk menikmati objek wisata khususnya wisata air, Desa Wisata Nusliko telah menyediakan perahu wisata bermuatan maksimal 3 (tiga) orang dengan desain yang menarik dan nyaman bagi pengunjung di Telaga Nusliko. Selain itu, sarana ini diperuntukkan pula bagi pengunjung yang hobi memancing, snorkeling atau hanya sekedar berperahu di area Telaga Nusliko.

Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Barat


Rumah Makan Terapung
Bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner di lokasi Objek Wisata Desa Nusliko, terdapat rumah makan terapung yang didesain secara sederhana dan nyaman. Rumah makan terapung berada diatas air laut yang jernih, hembusan angin laut yang sejuk dan pesona kota weda kelihatan jelas dari atas rumah makan terapung ini. Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah seafood, yaitu:
- Aneka jenis ikan laut segar yang dapat dipilih langsung dari keramba terapung.
- Kepiting bakau, cumi dan aneka jenis kerang laut yang masih segar.
- Kuliner khas daerah yakni Sate Kerang (Sate Bia) & Sate Ulat Sagu (Sabeta).

Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Barat
Sate Sabeta yang digemari masyarakat Halmahera

Seni Budaya & Kerajinan

Kesenian tradisional Desa Nusliko yakni Tarian Cakalele, musik Yanger, dan Kesenian Togal Tobelo (tidak berbeda jauh dengan Togal Makian). Selain itu, juga terdapat oleh-oleh berupa kerajinan anyaman dari daun pandan dan bambu, tikar pelepah daun gaba-gaba, nyiru, vas bunga, kotak kapur sirih, tatakan piring dll.


Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Barat

Jarak Desa Nusliko dari Weda adalah sekitar 1.5 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Objek wisata lainnya di Desa Nusliko antara lain: Pantai Nusliko, Taman Laut Nusliko dan Tanjung Silota, Pulau Anjing dan Pulau Suanggi.



Demikianlah Artikel Informasi : Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Tengah, GLOBAL

Sekianlah artikel Informasi : Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Tengah, GLOBAL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi : Desa Wisata Nusliko - Wisata Halmahera Tengah, GLOBAL dengan alamat link https://www.liputanglobal.com/2018/06/informasi-desa-wisata-nusliko-wisata.html
Share on Google Plus

yde

0 comments:

Post a Comment