Informasi : Pulau Makian - Wisata Halmahera Selatan, GLOBAL

Postingan Berkaitan


Informasi : Pulau Makian - Wisata Halmahera Selatan, GLOBAL

Pulau Makian - Wisata Halmahera Selatan

Pulau Makian termasuk pulau kecil yang lebarnya sekitar 10 km. Pulau ini terdapat Gunung Api Kie Besi dengan ketinggian 1.357 meter di atas laut dengan lebar kawah 1.5 km yang membuat Pulau Makian terlihat indah dan menjadi hal yang menarik bagi yang suka mendaki gunung. Dahulu pulau ini merupakan kediaman Sultan Bacan pertama kali sebelum pindah ke Pulau Lelei dan akhirnya ke Pulau Bacan. Pulau Makian berada di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Pulau Makian adalah penghasil kenari sehingga sering disebut juga "Pulau Kenari". Masyarakat biasanya memanen pohon kenari antara bulan Maret hingga Agustus. Kacang kenari disini memiliki ukuran empat kali lebih besar dari ukuran lazimnya dan merupakan salah satu kenari terbaik di Indonesia. Kenari sering dijadikan kue, halua kenari, bagea kenari, minyak, wewangian, dsb. Kacang kenari sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, dan berbagai manfaat lainnya. Pulau Makian juga banyak terdapat Pohon Kelapa sangat cocok untuk melepas dahaga setelah lelah mengelilingi Pulau Makian yang indah.

Pulau Makian - Wisata Halmahera Selatan
Sumber: Foto Ullokan
Pulau Makian juga terdapat Benteng Mauritius Ngofakiaha, namun kondisinya kurang terawat dan perlu dibenah kembali sehingga sejarah tersebut tidak hilang. Benteng Mauritius dibangun oleh Gubernur Jenderal Pieter Both di pesisir pantai pulau Makian dimana semula benteng ini bernama Gnofficquia atau Noseca. Sejak tanggal 22 Desember 1659, bersama dengan benteng Tafasoho, benteng ini diturunkan tingkat kepentingannya dan ketika itu benteng ini hanya sebuah bangunan persenjataan. Sementara itu, bangunan pertahanan yang berbentuk setengah lingkaran, dan mengelilingi rumah atau gudang baru di pesisir pantai justru diperkuat, yang kemudian diberi nama Benteng Zeeburg. Di dalam benteng ini, Pieter Both mengadakan perundingan dengan Sangaji Makian dan Sangaji Limatau yang mewakili Kesultanan Ternate, dan berhasil memperoleh sejumlah kesepakatan yang antara lain bahwa orang-orang Islam dan Kristen mempunyai kebebasan yang sama dalam melaksanakan ajaran agama mereka masing-masing.

Pulau Makian - Wisata Halmahera Selatan
Benteng Mauritius Ngofakiaha (Sumber: Foto East Indonesia)

Perjalanan ke Pulau Makian dari Kota Ternate adalah sekitar 1.5 jam dengan speedboat.


Demikianlah Artikel Informasi : Pulau Makian - Wisata Halmahera Selatan, GLOBAL

Sekianlah artikel Informasi : Pulau Makian - Wisata Halmahera Selatan, GLOBAL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi : Pulau Makian - Wisata Halmahera Selatan, GLOBAL dengan alamat link https://www.liputanglobal.com/2018/06/informasi-pulau-makian-wisata-halmahera.html
Share on Google Plus

yde

0 comments:

Post a Comment