Ternyata Tim Asal Rumania Pernah Menjuarai Liga Champions Eropa


Tim Asal Rumania, Steaua Bucuresti

Liga Champions Eropa adalah dambaan bagi semua tim-tim eropa di dunia ini. Ikut serta menjadi pesertanya saja itu sudah membuat bangga bagi sebuah klub apalagi bisa menjadi juaranya, itu adalah impian dan cita-cita dari semua tim yang berlaga di seluruh eropa. Liga Champions Eropa ini diadakan oleh UEFA langsung dan sudah bergulir rutin setiap musimnya dimulai pada musim 1955/1956 dan tim dengan jumlah gelar terbanyak dimiliki oleh Real Madrid dengan torehan 10 gelarnya atau sering disebut La Decima. Liga Champions Eropa bahkan disebut-sebut sebagai kompetisi terbesar sepakbola di benua eropa.

Sudah banyak sekali tim yang memenangkan kejuaraan liga Champions Eropa ini, tetapi ada satu tim yang diluar dugaan kita semua dapat memenangkan trofi UEFA Champions League ini. Itulah Steaua Bucuresti, tim asal Rumania ini pernah memenangkan kejuaraan terelit benua biru ini. Kemenangan Steaua Bucuresti ini terjadi pada musim 1985/1986 ketika itu mereka berhasil menaklukkan Barcelona lewat adu penalti 2-0 setelah bermain imbang 0-0 sampai penghujung laga. Pertandingan final ini diadakan di Estadio Ramon Sanchez Pijzuan, markasnya Sevilla. Kemenangan itu menjadi sangat bersejarah bagi Steaua Bucuresti karena dapat mengalahkan raksasa Spanyol dan keluar sebagai juaranya. Sebenarnya Steaua juga hampir mengangkat trofi keduanya di liga Champions Eropa pada musim 1988/1989 akan tetapi dikalahkan AC Milan 4-0 di partai final kala itu.
Steaua Bucuresti, Juara Liga Champions Eropa Tahun 1986
Siapa sangka jikalau tim asal Rumania yang satu ini pernah masuk 2 kali sebagai finalis liga Champions Eropa dan satu kali dapat meraih gelar kejuaraan tersebut. Tetapi saat ini Steaua Bucuresti sudah jarang dan bahkan bisa dibilang sudah tidak kelihatan lagi di ajang UEFA Champions League, padahal kenangan indah mereka tertera di dalam sejarah indah liga Champions Eropa. Kenangan itu akan menjadi abadi di dalam ingatan para pemain dan para fans sampai sekarang, meskipun itu sudah lama sekali akan tetapi paling tidak mereka masih menyimpan trofi itu dan mengenang kembali kejayaan mereka saat itu.
Share on Google Plus

Yusri Triadi

0 comments:

Post a Comment

I N F O T A I M E N T

-

FILM JADUL