Informasi : Pulau Lelei & Pulau Guraici - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan), GLOBAL

Pulau Lelei & Pulau Guraici - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan)

Pulau Lelei & Pulau Guraici berada di Wilayah Kayoa, Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku UtaraPulau Lelei dan Pulau Guraici adalah salah satu primadona Halmahera Selatan yang ramai dikunjungi karena pasir putihnya yang halus, laut yang jernih, dan lokasi ini juga cocok untuk penggemar snorkeling dan diving.

Pulau Lelei merupakan pintu masuk ke Pulau Guraici, disini terdapat dermaga kecil yang indah dan berhadapan langsung dengan Pulau Guraici. Pulau ini terdapat beberapa desa, Anda juga akan menemukan bangunan-bangunan vila yang sangat khas, berjejer di bibir pantai pasir putih langsung menghadap ke Pulau Guraici. Kepulauan ini terletak di garis khatulistiwa, sehingga suhu disini panas. Oleh karena itu, Anda perlu siapkan sunblock juga. Mayoritas mata pencaharian penduduk di Pulau Lelei adalah nelayan, sehingga harga ikan disini sangat murah. Anda juga bisa siapkan peralatan pancing untuk berpergian ke tempat ini, karena tergolong cukup banyak ikan di pinggir pantai.

Pulau Lelei - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan)
Sumber: Foto Ilhamarch
Anda bisa bermalam di Pulau Lelei karena tersedia cottage dan homestay. Biaya penginapannya juga termasuk relatif terjangkau. Namun, kondisi penginapan disini sudah kurang terawat sehingga sebaiknya Anda mengecek satu persatu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menginap dimana. Di Pulau Lelei tidak tersedia rumah makan sehingga Anda dapat meminta penduduk setempat untuk membantu menyiapkan makanan. Selain itu, listrik di pulau ini masih mengandalkan generator kecil yang hanya diaktifkan dari jam 6 sore hingga 12 malam. Sinyal telepon seluler juga terbatas dan Anda belum bisa mengakses internet. Namun, kekurangan tersebut membuat liburan Anda menjadi lebih fokus untuk menjelajahi keindahan Pulau Lelei dan sekitarnya.

Pulau Lelei & Pulau Guraici - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan)
Sumber: Foto Elhappy
Anda dapat juga mengelilingi Pulau Lelei karena Pulau ini termasuk relatif kecil. Saat Anda mengelilingi pulau ini, Anda juga akan menemukan menara pandang yang tingginya sekitar 25 meter. Menara ini tidak jauh dari penginapan, hanya sekitar 15 menit berjalan kaki dari penginapan. Sebaiknya Anda naiki menara tersebut, karena diatasnya Anda dapat melihat pemandangan yang luar biasa di sekeliling Pulau Lelei. Tempat ini juga cocok untuk melihat sunrise dan sunset yang indah.

Pulau Lelei & Pulau Guraici - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan)
Sumber: Foto Ilhamarch
Pulau Guraici adalah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Guraici dalam bahasa setempat memiliki arti "Kebun Kecil", yakni "Gura" artinya "Kebun" dan "Ici" artinya "Kecil". Di perairan ini terdapat taman bawah laut yang menakjubkan. Air yang jernih dan bebas dari sampah, sangat cocok buat Anda yang ingin memuaskan diri untuk berenang dan diving atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Sebaiknya, Anda mempersiapkan peralatan diving atau snorkeling.

Anda perlu menyewa perahu ketinting untuk ke Pulau Guraici dan sekitarnya dari Pulau Lelei. Anda bisa kontak Ami (No. HP: 082346236792) untuk menyewa perahu tersebut selama sehari penuh. Jangan lupa siapkan bekal atau bahan makanan di sekitar pelabuhan Pulau Lelei sebelum memulai petualangan ke Pulau Guraici dan sekitarnya. Pemilik perahu ketinting juga akan mengajak Anda menangkap ikan menggunakan jaring atau memancing. Anda bisa menikmati santapan ikan segar. Pulau Guraici menawarkan hamparan pasir putih yang halus dan laut yang jernih bagaikan kristal. Tentunya membuat Anda terasa ingin segera menceburkan diri di perairan ini apalagi saat Anda gerah karena terik matahari. Jelajahi juga pulau-pulau disekitar Pulau Guraici.

Pulau Guraici - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan)
Sumber: Foto Yuk Wisata & Indo Adventure
Di perairan Pulau Guraici terdapat spot untuk melihat ikan pari atau manta berenang jika Anda sedang beruntung.

Pulau Lelei & Pulau Guraici - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan)
Sumber: Foto Azalea Cruise
Perjalanan ke Pulau Lelei

Ada beberapa opsi perjalanan ke Pulau Lelei:
  1. Anda dapat menyewa speedboat di Ternate dengan lama perjalanan ke Pulau Lelei sekitar 3 jam, namun tarifnya tidak terjangkau.
  2. Anda dapat menaiki kapal penumpang "SS Bajoe 2" yang setiap dua kali seminggu (rabu dan jumat) yang berangkat jam 8.30 pagi di pelabuhan Bastiong - Ternate ke Pulau Lelei. Harga tiket relatif terjangkau. Kapal tersebut tersedia tempat tidur. Anda akan disuguhkan keindahan Pulau Ternate, Tidore, Mare, dan Moti dan jika Anda beruntung maka Anda akan melihat lumba-lumba di perairan selama perjalanan. Kapal tersebut akan singgah sebentar di Pulau Laigoma dan Gunange. Gunange memiliki arti "Semut Merah Besar". Kedua pulau ini memiliki pemandangan yang indah. Total perjalanan menempuh ke Pulau Lelei adalah sekitar 6 - 7 jam. Hari minggu terdapat perjalanan balik dari Pulau Lelei ke Ternate pada jam 10 pagi.
  3. Jika Anda berangkat dari Desa Laluin yang berada di Pulau Laluin, perjalanannya adalah sekitar 2 jam dengan speedboat atau 3 jam dengan perahu nelayan.
Lumba-Luma (Foto Ilhamarch)
Pulau Lelei & Pulau Guraici - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan)
Pulau Laigoma (Foto Ilhamarch)
Pulau Lelei & Pulau Guraici - Wisata di Wilayah Kayoa (Halmahera Selatan)
Pulau Gunange (Foto Ilhamarch)
Share on Google Plus

Medio

0 comments:

Post a Comment

Global Digital

-

FILM JADUL