Informasi : Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore, GLOBAL

Postingan Berkaitan


Informasi : Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore, GLOBAL

Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore

Pulau Woda terletak di wilayah Kecamatan Oba, Tidore, Provinsi Maluku Utara. Saat ini Pulau Woda dikenal sebagai Pulau yang tak berpenghuni. Namun, pada masa lalu Pulau Woda adalah Pulau yang berpenghuni dengan mata pencaharian utama penduduknya sebagai nelayan. Asal mula penduduk yang dulu menempati Pulau ini adalah dari Pulau Mare, mulai menetap dan tinggal di Pulau Woda hingga menjadikannya desa induk pada saat itu. Penduduk Woda akhirnya dipindahkan oleh Pemerintah ke Pulau Halmahera sehingga menjadi Pulau yang tak berpenghuni.

Di Pulau Woda, kita masih bisa melihat sisa-sisa peninggalan dari penduduk Woda ketika menempati Pulau tersebut. Saat ini Pulau Woda dibangun menjadi tempat wisata yang dipelopori oleh Muhammad Talabudin, yang biasa disapa Koce dan berasal dari garis keturunan penghuni pertama yang menetap di Pulau Woda. Koce sebagai penanggung jawab atas pulau ini dan menjaga kelestarian hutan bakau, terumbu karang, populasi ikan laut, dan kebersihan lingkungan pesisir pantai Pulau Woda

Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore

Koce membangun sebuah rumah di atas laut Pulau Woda. Rumah ini kemudian menjadi tempat tinggal sementara para nelayan ketika datang ke Pulau Woda, untuk istirahat ketika malam, dan mulai menjadi tempat peristirahatan keluarga dan teman ketika datang berlibur ke Pulau Woda. Dengan rumah peristirahatan, pengalaman memancing di pulau woda dan pengetahuan spot memancing di sana dan didukung oleh alat transportasi laut berupa dua buah perahu maka dibuatlah Paket Wisata Pancing di Pulau Woda. Di dalam paket tersebut termasuk akomodasi dari pelabuhan Gita/Payahe di Kota Tidore, penginapan di Fola Gao (Rumah Pancing), dan konsumsi.



Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pulau Woda:

*Ikut serta atau melihat langsung proses penangkapan umpan ikan dengan menggunakan jaring atau Kofo. Bagi yang ikut serta artinya ikut turun ke laut mengusir ikan agar masuk ke jaring, membantu menurunkan dan mengangkat jaring, dan melepaskan ikan dari jaring.

*Ikut serta proses penangkapan kepiting laut.
*Jalan-jalan melihat sisa peninggalan bangunan warga yang dulu pernah menghuni Pulau Woda.
*Jalan-jalan menaiki bukit Pulau Woda untuk melihat pemandangan yang indah di sekitar Pulau Woda 360 derajat.

*Berenang. Tersedia juga pelampung dan ban renang.

Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore

Terdapat banyak spot mancing yang tersedia di sekitar Pulau Woda yang bisa disesuaikan dengan piranti pancing Anda atau sesuai ikan apa yang ingin anda pancing. Jenis ikan yang paling banyak di Pulau Woda adalah ikan Kerapu (Goropa). Selain itu banyak pula jenis ikan yang lain.

Sarana dan Prasarana disini masih terbatas. Namun, saat ini sedang dibenahi oleh Koce. Untuk lebih detilnya mengenai Wisata Pancing Pulau Woda, Anda bisa mengunjungi halaman website ini: www.wodaisland.com. 








Demikianlah Artikel Informasi : Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore, GLOBAL

Sekianlah artikel Informasi : Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore, GLOBAL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi : Wisata Pancing Pulau Woda - Wisata Kota Tidore, GLOBAL dengan alamat link https://www.liputanglobal.com/2018/06/informasi-wisata-pancing-pulau-woda.html
Share on Google Plus

yde

0 comments:

Post a Comment