Informasi : Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat, GLOBAL

Postingan Berkaitan


Informasi : Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat, GLOBAL

Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat

Sasadu adalah rumah adat Suku Sahu yang Anda dapat temukan di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Rumah Adat Sasadu dibentuk dari bahan kayu dan anyaman daun sagu. Rumah adat ini menjadi tempat warganya berkumpul, bersantap, dan berbagi nilai-nilai leluhur dan kearifan lokal yang terus dipegang teguh melekat dalam kesehariannya.

Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat

Rumah adat sasadu mencerminkan watak suku Sahu yang terbuka dan ramah. Bangunan yang tanpa pintu adalah isyarat bahwa siapapun dapat masuk ke dalamnya baik itu masyarakat asli maupun suku pendatang akan diterima dengan tangan terbuka. Ini juga menyiratkan tidak ada paksaan dalam berkomunikasi antar sesama. Semuanya berlangsung secara alami dan sukarela.

Rumah adat ini memiliki enam pintu untuk jalan masuk dan keluar, meskipun setiap sisinya tidak berdinding. Dua pintu untuk jalan masuk keluar bagi perempuan, dua pintu bagi lelaki, dan dua pintu bagi para tamu. Sasadu memiliki dua ujung atap berukir kayu berbentuk haluan dan buritan perahu yang di tempatkan pada kedua ujungnya. Bubungan tersebut melambangkan perahu yang sedang berlayar. Suku Sahu sendiri merupakan salah suku yang suka berlayar dan berpetualang mengarungi samudera. Replika perahu layar juga ditempatkan di dalam rumah adat ini yang disebut kagunga tego-tego (perahu perang yang ada di darat).

Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat

Pada bubungan atapnya yang menjulang tergantung dua buah bulatan yang dibungkus ijuk. Itu merupakan simbol dua kekuatan supranatural yang diyakini suku Sahu. Kekuatan dimaksud adalah satu yang membinasakan dan lainnya sebagai perlindungan. Pembangunan rumah adat ini tanpa menggunakan paku tetapi sepenuhnya berbahankan alam dan kearifan lokal. Bangunannya didominasi batang pohon sagu sebagai tiang dan kolom serta daun sagu sebagai pelapis atap. Pohon sagu dilambangkan sebagai pohon kesejahteraan.

Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat

Sasadu bagi masyarakat suku sahu merupakan bentuk penghargaan bagi kaum wanita. Itu karena di dalam ruangannya tersedia dua buah meja, satu meja khusus untuk perempuan di bagian depan dan satu meja lagi bagi laki-laki di bagian belakang. Menempatkan meja perempuan di depan menyiratkan makna bahwa bagi suku Sahu wanita akan didahulukan dan laki-laki senantiasa melindunginya dari belakang.

Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat

Rumah adat sasadu memiliki banyak fungsi. Selain sebagai ruang pertemuan dan tempat menerima tamu, juga untuk merayakan pesta adat yang dapat berlangsung hingga tujuh hari tujuh malam. Pesta tersebut biasanya untuk merayakan perkawinan dan kelahiran. Di depan rumah adat inilah biasanya digelar acara makan bersama dengan memainkan tarian adat tradisional. 

Orom Sasadu

Suku Sahu memiliki keahlian berladang dan bertani. Setiap dua kali dalam setahun, Suku Sahu akan mengadakan ritual syukuran atas panen padi. Pesta panen ini dikenal dengan sebutan Orom Toma Sasadu. "Orom" artinya "makan", "Toma" artinya "Di", dan "Sasadu" artinya "Rumah Adat". Masyarakat Sahu akan makan dan minum serta menari sebagai perwujudan atas rasa syukur mereka terhadap limpahan yang di berikan oleh Sang Pencipta. Ritual Orom Sasadu dipercaya para leluhur akan membuat hasil panen selanjutnya terus berlimpah. 

Dahulu, Orom Sasadu digelar selama 7 hari 7 malam. Jika ingin lebih singkat, lama ritual mesti ganjil, yaitu 7 hari 7 malam, 5 hari 5 malam, 3 hari 3 malam, atau hanya sehari semalam. Ritual 7 hari 7 malam terakhir digelar 1963. Namun saat ini, ritual sudah dipersingkat karena Suku Sahu banyak yang berprofesi lain.

Ada keunikan dalam ritual itu yang diceritakan para orang tua. Selama berpesta 7 hari 7 malam, mereka tidak pernah ngantuk, tidak pernah kenyang walaupun makan terus menerus, tidak pernah mabuk meskipun menenggak minuman beralkohol tinggi.

Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat

Suku Sahu juga memainkan alat musik Tifa yang terbuat dari kayu nira. Alat musik Tifa digantungkan dengan menggunakan tali pada kuda-kuda Sasadu. Alat musik pengiring tifa adalah gong yang dimainkan dengan ritme lambat, agak cepat, dan sangat cepat. Setelah pesta adat, masyarakat Suku Sahu baik itu pemudi, pemuda, maupun orang tua akan menari bersama di dekat alat musik.

Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat
Alat Musik Tifa

Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat

Selama Orom Sasadu, Saguer dan Cap Tikus akan diberikan secara bergantian kepada tamu maupun masyarakat yang ikut. Uniknya masyarakat yang banyak minum Saguer dan Cap Tikus yang juga terlihat tengah mabuk, tidak pernah terjadi perkelahian atau perlakuan kasar tetapi mereka terlihat sangat menikmati kemudian mulai menyanyi dan menari.

Rumah Adat Sasadu dapat anda temukan di Kecamatan Jailolo, Sahu, dan Sahu Timur. Masyarakat Halmahera Barat sangat ramah bila dikunjungi oleh wisatawan.



Demikianlah Artikel Informasi : Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat, GLOBAL

Sekianlah artikel Informasi : Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat, GLOBAL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi : Rumah Adat Sasadu - Wisata Budaya Halmahera Barat, GLOBAL dengan alamat link https://www.liputanglobal.com/2018/06/informasi-rumah-adat-sasadu-wisata.html
Share on Google Plus

yde

0 comments:

Post a Comment